Senin, 05 Desember 2016

Cara Berbohong saat Wawancara Kerja

Cara Berbohong saat Wawancara Kerja

Sebagian pencari kerja mungkin akan menilai jika wawancara kerja adalah fase yang mengerikan. Wajar karena berhadapan langsung dengan salah satu pemimpin perusahaan memang bisa bikin grogi, apalagi kalau ditanyai dengan pertanyaan-pertanyaan menjebak.
Cara Berbohong saat Wawancara Kerja oleh SegiEmpat
Saat wawancara kerja pewawancara pastinya akan mencari tahu setiap hal dalam diri Anda, jika Anda tidak memenuhi kualifikasi sebagai calon karyawan yang potensial maka ponsel Anda tidak akan berdering di kemudian hari. Lantas bagaimana caranya agar Anda bisa melalui fase wawancara kerja dengan mulus dan mendapat panggilan kerja?
Mungkin ini terkesan negatif karena berbohong memang tidak baik untuk dilakukan. Hanya saja berbohong saat wawancara kerja sebenarnya cukup wajar, karena seperti yang Anda sendiri inginkan Anda ingin menampilkan kesan terbaik agar Anda diterima. Bagaimana cara berbohong saat wawancara kerja? Berikut ulasannya.

Selalu Perlihatkan Anda dalam Kondisi Prima

Sejak pertama kali Anda masuk ke ruang wawancara, hal pertama yang ditanyakan pastinya tentang kabar Anda. Ada alasan tertentu kenapa wawancara kerja sering berlangsung alot dan lama. Bahkan Anda sendiri mungkin harus menunggu berjam-jam lamanya. Selain untuk menyeleksi hal ini juga untuk menilai seberapa kuat fisik peserta selanjurnya.
Tidak peduli apakah Anda sudah lelah menunggu atau sedang dalam kondisi kurang sehat, usahakan agar Anda sedikit berbohong dengan kondisi Anda. Selalu perlihatkan jika Anda dalam kondisi prima. Jangan sesekali perlihatkan rasa bosan Anda.

Pamer Kemampuan Anda

Setelah perkenalan dilalui, pastinya pewawancara akan menanyakan alasan Anda untuk bekerja diperusahaannya. Apakah Anda ingin mencari gaji yang tinggi atau jenjang karir yang lebih cemerlang, usahakan agar Anda berbohong dengan hal tersebut. Jawab pertanyaannya dengan memperlihatkan kemampuan Anda, bukan dengan jawaban seperti “ingin cari tantangan baru” apalagi sampai membandingkan pekerjaan Anda sebelumnya.
Selain pertanyaan tersebut, biasanya pewawancara juga menanyakan tentang kelemahan Anda. Jangan salah pertanyaan ini adalah pertanyaan jebakan untuk menilai kemampuan Anda dalam menganalisa dan mengetahui kemampuan Anda yang sebenarnya. Jawab pertanyaannya dengan menjelaskan kelemahan kecil Anda dan cara Anda mengatasinya.

Jelaskan Visi dan Misi Anda

Untuk menguji loyalitas calon pekerja, maka pastinya pewawancara akan menanyakan rencana atau visi dan misi Anda. Anda bisa sedikit berbohong dengan memberikan jawaban yang sudah Anda pikirkan dengan matang. Entah itu Anda ingin bekerja karena gaji yang besar atau Anda ingin jadikan batu loncatan.

Jelaskan Hobi Anda Seadanya

Sesi wawancara berlangsung bisa jadi sesi tanya jawab yang umum kita dapatkan. Misalnya pertanyaan tentang hobi, sederhana memang tapi pertanyaan ini sebenarnya juga jebakan. Kali ini Anda bisa berkata dengan jujur selama itu positif dan pastikan Anda tidak melebih-lebihkan jawaban Anda.
Nah, Anda sudah siap wawancara kerja?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar