Senin, 05 Desember 2016

33 Prinsip Hidup Pemimpin Tangguh

33 Prinsip Hidup Untuk Jadi Pemimpin Tangguh



Siapa sih yang tidak kenal tokoh di atas? Ya, dia adalah Ir. Soekarno. Pahlawan hebat yang dikenang sejarah sebagai pemimpin yang sangat tangguh dalam perjuangannya memerdekakan Indonesia dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
Banyak sekali masyarakat indonesia yang mengidolakan beliau. Itu pasti, dengan wajah yang tampan dan badan yang tegap gagah, suara yang mampu menggetarkan dunia dan kata-katanya yang menciutkan mental penjajah waktu itu. Belia sangat dikenal sebagai pemimpin yang sangat tangguh.
Siapa yang tidak ingin menjadi pemimpin tangguh? Pasti semua mengidamkannya, baik itu seorang presiden, gubernur, bupati, kepala sekolah, ketua OSIS, ketua kelas dan masih banyak lagi. Bagi anda yang mengidolakan beliau, anda bisa menerapkan 34 prinsip hidup ini untuk menjadi pemimpin yang tangguh seperti Ir. Soekarno. Baik langsung saja kita simak.

Would Like To Be Different


Pemimpin tangguh itu selalu menjadi berbeda dari yang lainnya. Berbeda dalam arti yang positif itu sangat baik. Anda akan terkesan menjadi seseorang yang kreatif dan memiliki banyak ide-ide. Hidup jangan dibuat monoton, ciptakanlah sesuatu yang berbeda, disitulah nama anda akan terkenal dan terkesan luar biasa. Seorang pemimpin harus menerapkan prinsip ini, agar seorang pemimpin dapat dikenal oleh anggotanya dan terkesan mempunyai pemikiran-pemikiran yang kreatif untuk menciptakan sesuatu yang berbeda.
 
Be Confidence
Kepercayaan itu sangat penting. Jadilah seorang pemimpin yang dapat dipercaya oleh anggotanya atau oleh masyarakat. Jaga kata-kata dan perbuatan. Sesuaikan omongan dan tindakan. Jangan sekali-kali meakukan kebohongan walaupun itu tidak diketahui siapapun. Namu itu akan menjadi bibit-bibit yang akan menjermuskan anda kedalam kehancuran. Jujurlah dalam berkata dan lakukan sesuatu yang dapat membuat anggota dan masyarakat percaya akan kepemimpinan anda.


If You Failed, Try Again
Jika anda gagal dalam merencanakan sesuatu atau gagal dalam merangkul anggota-anggota anda, gagal mempercayakan masyarakat atas kepemimpinan anda, anda gagal untuk membuat sesuatu yang besar yang berbeda, coba lagi, pantang menyerah, jangan putus asa, bangkit lagi, ulangi rencana anda, mantapkan setiap konsep yang anda buat, itulah seorang pemimpin yang tangguh.

I'am Special at All

Ini yang menarik. Jika anda adalah seorang pemimpin yang ingin dikenal sebagai pemimpin yang tangguh, jadilah spesial untuk mereka. Jadilah spesial untuk anggota-anggota anda, jadilah spesial untuk masyarakat. Layaknnya seorang Ir. Soekarno yang memerdekakan negara kita dan mempertahankan kemerdekaannya, itu sesuatu hal yang sangat menjadikan dirinya spesial dimata orang. Anda perlu melakukan sesuatu yang dapat membuat anda menjadi spesial dimata orang. Anda tidak harus membuat sesuatu yang sangat besar seperti Ir. Soekarno di atas, namun anda dapat membuat sesuatu yang merubah cara orang memandang. Dengan begitu, orang akan menganggap diri anda spesial untuk mereka.
Need Role Models
Walaupun anda seorang pemimpin yang ingin menjadi model bagi orang-orang, anda juga harus memiliki model. Model disini artinya tokoh yang anda idolakan. Ini sangat penting untuk penyemangat anda dalam meraih cita-cita anda. Mungkin anda bisa meniru gaya kepemimpinan model anda untuk membuat anda menjadi pemimpin yang tangguh. Peran model anda akan mempengaruhi gaya kepemimpinan anda. Itu akan menjadi prinsip kepemimpinan anda.


Need Friends
Untuk menjadi pemimpin tangguh anda perlu teman. Bayangkan jika pemimpin tidak punya teman? Untuk dapat bekerjasama, seorang pemimpin membutuhkan teman. Baik itu untuk tempat curhat, tempat meminta saran, dan meminta pertolongan. Pemimpin harus mudah bergaul dengan anggota-anggotanya, jadikan mereka seperti teman anda sendiri. Dengan begitu mereka akan merasa nyaman di dekat anda. Ada yang salah oleh sebagian besar pemimpin, mereka tidak mau bergaul dengan masyarakat, tidak mau bergaul dengan anggotanya, itu akan membuat kesan egoisme dalam dirinya. Pemimpin yang baik itu punya banyak teman agar kepemimpinanya banyak yang mendukung.
Need Mentor

Pemimpin tangguh tidak mungkin dapat berjalan sendiri, Ia mempunyai pembimbing dalam hidupnya. Pemimpin yang tangguh akan membuat orang-orang di sekelilingnya menjadi mentor baginya. Mendengarkan pendapat maupun kritikan mereka adalah sesuatu yang akan menjadikannya dewasa. Berlapang dada dan terbuka kepada yang lain akan mendewasakan seorang pemimpin untuk bisa maju. 

Need a Dream Book

Kali ini dalam hal internal seorang pemimpin yang tangguh. Ia mempunyai sebuah buku mimpi. Buku itu berisi mimpi-mimpi besarnya. Ia tuliskan dalam sebuah buku untuk selalu ia baca di malam hari. Dengan berharap apa yang ia tuliskan akan muncul di mimpinya. Tuliskan mimpi-mimpi anda dalam sebuah buku, berdo'alah agar mimpi itu terwujud. Walaupun ini terlihat tidak terlalu penting, namun hal-hal kecil seperti inilah yang nantinya akan membawa anda menjadi seorang pemimpin yang tangguh.

Heartbeat of Care
Jadilah seseorang yang peduli dengan orang lain. Seorang pemimpin yang peduli dengan masalah-masalah anggotanya, meskipun itu masalah internal, itu akan menyenangkan hati anggota-anggotanya. Mereka merasa diperhatikan dan dipedulikan oleh atasannya. Itu akan menjadi sebuah penyemangat besar bagi kerja anggota anda. Mereka akan lebih semangat karena mendapat perhatian dari anda. Berbeda dengan pemimpin yang acuh, pasti ia akan dibenci oleh anggotanya.

Bad Experience

Semua orang pasti memiliki pengalaman yang buruk. Baik itu yang memalukan, menyedihkan, menyakitkan dan lain-lain. Pasti setiap orang memilikinya, begitu juga seorang pemimpin tangguh pasti memiliki hal tersebut. Seorang pemimpin tangguh pernah mengalami masa-masa gagal, masa-masa terpuruk, masa-masa dipermalukan, masa-masa dimana ia sangat tidak berdaya, dan lain-lain. Jadikan lah pengalaman buruk itu sebuah pelajaran yang besar bagi anda. Dengan belajar dari masa kelam ini akan membuat anda semakin berambisi untuk sukses. 

Preparation
 

Melangkah ke bagian ini, anda harus mulai menyiapkan diri anda untuk menjadi seorang pemimpin tangguh. Persiapan apa saja yang dibutuhkan pemimpin tangguh? Pertama siapkan mental perjuangan dalam diri anda, agar anda berambisi untuk menjadi sukses. Siapkan penampilan yang menarik, usahakan berpenampilan rapi setiap hari. Lebih banyak membaca buku mengenai kepemimpinan agar wawasan anda menjadi sangat luas.

Keep Humble
Tetaplah rendah diri. Jangan arogan dengan jabatan anda. Pemimpin yang rendah diri akan lebih dihargai dengan tulus oleh anggotanya. Hidup sederhana, tidak perlu yang mewah-mewah. Itu akan membuat kesan pemimpin yang sangat berwibawa pada diri anda.

Make Every Day is Your Day
Ada yang salah dari sebagian kebiasaan orang saat hari-hari penting dalam kehidupan, misalnya hari perpisahan, hari kelulusan dll. Biasanya orang mengatakan "selamat" ada sebagian yang mengatakan "Today is yours". Apakah hari itu saja yang menjadi milik anda? Karena pada hari itu anda terlihat sangat berbeda, sangat tampan, sangat cantik, sangat bersemangat untuk memeriahkan hari terpenting dalam kehidupan anda. Apabila anda bisa menjadikan semua hari dalam hidup anda menjadi milik anda, anda akan menjalaninya dengan penuh semangat, dengan dandanan yang rapi, berperilaku baik, selalu menjaga omongan, layaknya anda merasakan satu hari penting di kelulusan atau hari perpisahan sekolah anda.

Out of Your Comfort Zone
Untuk jadi pemimpin tangguh, anda harus berani mengambil resiko untuk keluar dari zona nyaman hidup anda. Karena untuk menjadi pemimpin tangguh itu perlu perjuangan, tidak semudah anda tidur di kasur yang empuk. Anda harus bisa keluar dari zona nyaman hidup anda ke zona perjuangan yang penuh dengan darah dan nanah. Artinya anda harus bekerja keras, buang jauh-jauh kenyamanan dalam hidup anda sebelumnya, karna itu akan menjadi penghambat tujuan anda, akan menumbuhkan kemalasan untuk anda bekerja.

Cheers Up and Never Give Up



Semangat dan pantang menyerah! 
Itu pedoman hidup selanjutnya bagi seorang pemimpin tangguh. Buatlah hari-hari anda penuh semangat untuk mengerjakan tugas-tugas anda, memimpin rapat, menghadiri acara, menemui pelanggan dll. Dan pantang menyerah jika menemui kegagalan atau ketidaksempurnaan tindakan anda.

Inspire People

Seorang pemimpin yang tangguh selalu bisa menginspirasi orang-orang disekelilinya. Seperti Ir. Soekarno, ia menginspirasi para pemuda untuk menumbuhkan mental perjuangan melawan penjajah. Bagi anda tidak harus menginspirasi hal yang besar seperti Ir. Soekarno di atas. Hal kecil pun mampu menggantikannya. Bermulai dari penampilan, perilaku, omongan, dan sifat anda, itu bisa menjadi inspirasi orang-orang disekeliling anda, jika anda melakukannya dengan baik.

Follow Your Passion
Ikuti gairah anda, ikuti minat anda, ikuti hal-hal yang anda punya dalam diri anda. Itu akan membawa anda untuk mengeksplor ciri khas anda pada orang-orang disekeliling anda. Sehingga mereka lebih mudah untuk mengenali anda. Keluarkan bakat, minat, dan gairah anda untuk menciptakan ciri khas diri anda.

Never Stop to Learning
Seorang pemimpin tangguh itu selalu belajar. Belajar dalam arti mencari wawasan diri, belajar tentunya untuk menjadi lebih baik. Dari hal yang telah disampaikan di atas, pemimpin tangguh itu memiliki sikap lapang dada dan mau mendengarkan pendapat orang lain, ini kaitannya dengan pembelajaran untuk diri anda. Semakin anda membuka pintu untuk mereka mengeluarkan pendapat, semakin banyak pelajaran yang anda dapat. So, jadilah seseorang yang terbuka untuk tetap bisa belajar demi kemajuan kepemimpinan anda.

Do Simple Thing
Lakukanlah hal-hal kecil yang mampu menggantikan hal-hal besar. Seperti contoh tadi untuk membuat buku mimpi, itu adalah hal kecil tetapi berisi hal-hal besar yang telah anda tulis didalamnya. Melakukan perhatian terhadap anggota-anggota anda itu termasuk hal kecil, namun dampaknya anda akan terkesan menjadi pemimpin yang baik. Banyak hal kecil lain yang berdampak luar biasa untuk diri anda. Cari saja dan lakukan dengan senang hati.

How about Giving?


Bagaimana tentang memberi? apakah anda sudah sering memberi kepada orang lain? apa saja yang telah anda berikan pada orang lain? bermanfaatkah? 
Pemimpin tangguh selalu memberi sesuatu pada orang lain. Walaupun itu hal kecil, hal sedang, atau hal yang sangat besar. Dengan apa yang anda berikan, seseorang akan menjadi senang. Orang mana yang tidak senang saat diberi sesuatu?. Anda harus belajar untuk bisa memberi pada orang lain. Dan jangan lupa beri sesuatu yang bermanfaat baginya.

Never Lose to Opportunity
Jangan pernah sia-siakan setiap kesempatan yang datang pada anda. Pemimpin tangguh itu selalu dapat memanfaatkan kesempatan yang ada untuk memajukan kepemimpinannya. Walau itu hal kecil sekalipun, namun jika dilakukan berulang kali akan menjadi sesuatu yang besar. Jangan sampai ada celah di kesempatan yang datang pada anda untuk anda melewatkannya. Terkadang manusia menganggap rendah pada kesempatan-kesempatan kecil yang datang pada dirinya. Padahal berawal dari kesempatan kecil itulah kemudian akan datang kesempatan besar. 

Keep Praying
Jangan lupa tetap berdoa. Walaupun kerjakeras yang anda lakukan setiap hari, keringat yang anda cucurkan setiap harinya, tanpa do'a dan restu tuhan, semuanya akan sia-sia. Jadi, mintalah bimbingan dari tuhan dan restunya agar semua yang anda inginkan dapat terwujud.

Have Balance Live


Pemimpin tangguh itu mempunyai keseimbangan hidup. Dia tau mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu dan mana yang tidak harus ia tinggalkan. Kerja keras dan do'a merupakan keseimbangan yang harus anda perhatikan. Beri porsi 50-50. Tak hanya itu, semua kepentingan yang anda miliki juga harus seimbang dengan waktu anda mengerjakannya. Waktu 24 jam harus anda seimbangkan antara tugas, ibadah, dan istirahat. Dengan memberikan keseimbangan itu, anda akan bisa mengatur prioritas hidup anda. 

Positive Mind


Pemimpin tangguh itu selalu memiliki pemikiran yang positif. Baik itu dalam hal genting sekalipun. Biasanya manusia saat dalam keadaan genting tidak dapat mengontrol emosinya, sehingga memunculkan prasangka-prasangka buruk pada orang lain. Itu yang harus dihindari oleh anda. Tetap tenang walau keadaannya segenting apapun, tetap jaga emosi agar tidak menimbukan kata-kata atau tingkah laku yang tidak diinginkan. 

Be The Best of Your Life
Sebelum anda menjadi yang terbaik bagi orang lain, anda harus menjadi yang terbaik dulu dalam hidup anda. Untuk jadi yang terbaik dalam hidup anda, anda bisa melakukannya dengan menjadikan semua yang anda lakukan itu sempurna. Baik itu mengerjakan tugas, mengatur waktu, berkomunikasi, beribadah, dll. Setelah anda merasa jadi yang terbaik dalam diri anda, langkah selanjutnya jadilah yang terbaik diantara orang-orang disekeliling anda. Jika anda melihat orang disekeliling anda bekerja sangat giat dan rajin, berarti anda harus lebih giat dan rajin agar mampu melampauinya.

Let Everyone Knows You
Biarkan orang lain mengetahui sifat anda yang sesungguhnya. Biarkan orang lain mengetahui perilaku anda yang sesungguhnya. Dengan begitu orang akan berfikir rill dan tidak ada kecurigaan dalam dirinya untuk anda. Pemimpin tangguh akan membiarkan orang lain mengetahui kekurangan dan kelebihannya. Karena dengan itu jika seorang pemimpin melakukan kesalahan, orang tahu bahwa itu adalah kekurangan dia, dan orang akan memakluminya. Dan jika seorang pemimpin melakukan kebaikan hingga tercapai kesuksesan, orang tahu bahwa itu adalah kelebihan dia, dan orang akan mengapresiasinya. 

Enjoy Your Life


Jika anda membuat tegang hidup anda selama anda menjadi pemimpin, anda tidak akan merasakan adanya kedamaian hidup. Bikin enjoy saja seperti air mengalir, anda hanya perlu menyingkirkan batu yang menghalangi arus anda. Dengan begitu anda akan merasakan kedamaian hidup.

Love to Appreciate Others
Pemimpin tangguh itu selalu memberi apresiasi kepada anggota atau bawahannya. Walau itu hanya keberhasilan kecil yang dicapai mereka, mereka akan merasa sangat senang jika mendapat apresiasi dari atasannya. Anda harus belajar mengapresiasi anggota atau bawahan anda, meski itu hal kecil sekalipun. Dengan begitu anggota anda akan merasa senang dan bersemangat untuk mengerjakan tugas selanjutnya.

Curhat Tengah Malam
Pernah anda curhat tengah malam? dengan siapa anda curhat? Apa yang anda curhatkan?
Curhat tengah malam kepada tuhan adalah hal kecil yang sering orang lupakan. Padahal waktu tengah malam itu adalah waktu yang sangat penting untuk kedekatan manusia dengan tuhannya. Jika orang islam, sholat tahajud adalah senjata yang sangat tajam untuk mengabulkan permintaan anda. Curhat kepada tuhan dapat memberikan kedamaian hidup yang luar biasa bagi anda. Coba tips ini, maka anda akan merasakan perubahannya.

Love Your Nation
Cintai bangsa anda seperti anda mencintai perusahaan, atau instansi-instansi yang anda pimpin. Kebanyakan orang menyukai produk luar negri dibanding produk dalam negri. Jika anda seorang pemimpin sebuah perusahaan makanan, jika anda menyukai produk perusahaan lain dibanding produk perusahaan anda sendiri, itu hal yang salah. Seburuk-buruknya produk anda, itu adalah ciptaan anda. Hargai anggota-anggota anda yang telah bekerja keras dalam pembuatan produk anda. Intinya hargai produk anda, banggakan produk anda untuk menjadikan produk anda terkenal.

Be a Leader

Apa artinya pemimpin tangguh menjadi pemimpin? Pemimpin tangguh itu mempunyai gaya kepemimpinan sendiri-sendiri, itu yang akan menjadi ciri khas kepemimpinannya. Pimpin dengan baik anggota anda, tuntun mereka ke jalan yang benar, bawa mereka kearah kesuksesan dan jadilah pribadi yang bijaksana dalam melaksanakan tugas anda.

Be Calm and Never Angry
Tetap tenang dan tidak marah itu adalah hal sulit yang kebanyakan orang terapkan. Padahal dengan menjadi pribadi yang tenang, sabar, dan tidak pernah marah itu akan membuat orang disekeliling anda merasa nyaman berada di sisi anda. Walaupun anda menemui banyak peristiwa yang tidak menyenangkan anda, tetaplah tenang dan hadapi tanpa amarah.

 Finally, You are My Destiny
Terakhir adalah semua kerja keras yang anda lakukan, semua tips di atas yang anda terapkan, jika takdir tak menentukan anda menjadi seorang pemimpin yang tangguh, anda tidak akan pernah menjadi itu. Berdo'alah untuk meminta takdir yang baik sesuai yang anda inginkan. Takdir tuhan tidak akan menyusahkan makhluknya. Percayalah pada takdir tuhan dan terus berusaha dan berdo'a.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar