Selasa, 06 Desember 2016

7 Tokoh Penting Indonesia yang Membantu Tercapainya Kemerdekaan

7 Tokoh Penting Indonesia yang Membantu Tercapainya Kemerdekaan

Indonesia baru aja merayakan hari kemerdekaan di tanggal 17 Agustus kemarin. Sudah 71 tahun Indonesia terbebas dari penjajahan bangsa asing. Kemerdekaan yang udah diraih bangsa ini bukan semata-mata hasil perjuangan yang instan. Banyak banget kesulitan yang harus dihadapi para tokoh yang turut terlibat dalam usaha pembebasan diri dari tangan penjajah. Nah, Loopers udah tahu belum siapa aja sih tokoh-tokoh di balik kemerdekaan Indonesia? Ini dia 7 tokoh penting Indonesia yang membantu tercapainya kemerdekaan.


1. Ir. Soekarno
Semua orang Indonesia, termasuk Loopers pasti udah gak asing lagi sama tokoh yang satu ini. Pria kelahiran 6 Juni 1901 ini adalah orang paling berjasa dalam kemerdekaan Indonesia. Sepak terjangnya dalam proklamasi tak lepas dari keterlibatannya sebagai ketua PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia). Sebagai ketua PPKI, beliau dengan berani menemui penguasa Jepang untuk membicarakan perihal kemerdekaan Indonesia serta dengan penuh keberanian memproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus tahun 1945.

2. Moh. Hatta
Selain bung Karno, peran bung Hatta dalam kemerdekaan bangsa ini juga sangat penting. Pada masa PPKI, beliau adalah perantara bagi golongan tua dan golongan muda. Beliau banyak berdialog dengan golongan muda tentang cara memproklamasikan Indonesia. Selain itu, bung Hatta juga berperan dalam perumusan naskah Proklamasi, menandatanganinya serta mendampingi bung Karno dalam peristiwa bersejarah tersebut.

3. Sayuti Melik
Nama Sayuti Melik selamanya akan melekat di benak Loopers sebagai salah satu tokoh di balik peristiwa Proklamasi. Beliau adalah wakil golongan muda yang terlibat dalam PPKI sekaligus sebagai salah satu di balik peristiwa Rengasdengklok. Sayuti Melik dikenal sebagai pendukung Soekarno yang juga terlibat langsung dalam peristiwa Proklamasi. Keterlibatannya dalam persiapan kemerdekaan Indonesia adalah dengan menyumbang ide perubahan kata-kata dalam naskah Proklamasi serta sebagai pengetik naskah Proklamasi.
4. Dr. Radjiman Wedyodiningrat
Dr. Radjiman Wedyodiningrat adalah seorang dokter yang juga ikut berperan dalam kemerdekaan Indonesia. Peranannya dibuktikan sebagai ketua BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) yang dibentuk oleh Jepang. Saat menjabat sebagai ketua, beliau banyak merumuskan persiapan-persiapan apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai kemerdekaan.

5. Sutan Syahrir
  Sutan Syahrir adalah salah satu pemuda yang paling berpengaruh dalam usaha memerdekakan Indonesia. Perjuangannya ini bahkan sudah dimulai sejak usianya 18 tahun! Beliau adalah orang yang terus-terusan mendesak bung Karno dan bung Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan. Saat pendudukan Jepang, beliau adalah tokoh yang menolak gagasan bung Karno dan bung Hatta untuk berkooperasi dengan Jepang demi kemerdekaan yang tanpa pertumpahan darah. Syahrir kala itu lebih memilih untuk berjuang lewat ‘bawah tanah’ dan menghimpun semangat kemerdekaan massa.

6. Moh. Yamin

 Moh. Yamin dikenal sebagai sosok yang relijius namun berpikiran terbuka karena berpendidikan barat. Walaupun sekolah di luar negeri, semangat nasionalismenya tetap berkobar. Hal itu beliau buktikan dengan keterlibatannya dalam penyusunan naskah Pancasila yang Loopers kenal saat ini.
Dalam sidang BPUPKI yang pertama, Moh. Yamin banyak memainkan peran dengan menyampaikan pidato usulan dasar negara yang menjadi cikal bakal Pancasila.

7. Ahmad Soebardjo

Ahmad Soebardjo mungkin memang tidak hadir dalam peristiwa proklamasi, tapi namanya akan selamanya dikenang sebagai salah satu yang paling berjasa dalam peristiwa bersejarah tersebut. Perannya di antaranya adalah merumuskan teks proklamasi bersama bung Karno dan bung Hatta. Beliau juga merupakan anggota BPUPKI dan seringkali menjadi jembatan antara golongan tua dan golongan muda.
Kebayang gak sih Loopers, kalau gak ada mereka, mungkin gak akan Indonesia yang seperti sekarang. Jadi, yuk mulai tanamkan semangat kemerdekaan dalam jiwa kita untuk membangun Indonesia yang jauh lebih baik dari hari ini. Merdeka!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar